judul

Sabtu, 21 April 2012

Beranda

BerandaDestinasiKegiatan GendewaPaket Wisata



 Kamis, 01 April 2010

Desa Wisata Budaya Kebondalem Kidul

Selamat Datang di Desa Wisata Budaya Kebondalem Kidul Desa Wisata Budaya

Di era pariwisata sekarang ini perlu menggali potensi-potensi yang ada untuk mendukung pengembangan sector kepariwisataan. Potensi-potensi yang ada di Desa Kebodalem Kidul perlu digali dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pengembangan masyarakat melalui pembentukan Desa Wisata.


Secara geografis Desa Kebondalem Kidul yang berada di Kecamatan Prambanan Klaten sangat strategis karena terletak di antara 2 pusat budaya yaitu Yogyakarta dan Surakarta; di antara dua obyek wisata yang sudah diakui dunia yaitu Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko; di sebelah selatan jalur utama jalan jogja solo serta adanya stasiun Brambanan yang memudahkan transportasi untuk wisatawan.

Desa Kebondalem Kidul mempunyai potensi budaya dan potensi ekonomi yang dapat dijadikan daya tarik wisatawan. Potensi budaya tersebut antara lain situs peninggalan sejarah yang berupa Candi Sojiwan, seni pertunjukan, batik, adat istiadat dan tradisi masyarakat, sedangkan untuk potensi ekonominya adalah kerajinan dari kayu, batu, fiber glass, makanan olahan, pertanian dan peternakan.

Melihat letak geografis dan potensi yang ada tersebut, Desa Kebondalem Kidul layak dan mendesak untuk dikembangkan menjadi desa wisata budaya, maka Kelompok Sadar Wisata (Darwis) “Gendewa” merupakan salah satu kelompok yang ada tergerak untuk segera merealisasikannya. Dengan pembentukan desa wisata budaya ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga masyarakat.


Sumber Daya Budaya
candi sojiwan
Candi Sojiwan


Seni Lukis
Seni Lukis


Kegiatan Membatik
Kegiatan Membatik


Pertunjukan Seni<i> Wayang Kulit</i>
Pertunjukan Seni Wayang Kulit





Tidak ada komentar:

Posting Komentar